Surabaya Improvement to Excellence Government Program

simasdapgrms1

Otonomi Daerah lahir dari keinginan pemerintah agar pemerintahan di daerah bersama-sama dengan masyarakat dapat lebih mempunyai peluang untuk mensejahterakan dirinya. Sejahtera dalam arti terpenuhi kebutuhan dasarnya atas ketersediaan pekerjaan, prasarana pemukiman, pendidikan, kesehatan dan bisa pula menjangkau pemenuhan kebutuhan lain terkait eksistensi sebagai masyarakat madani (civil society).

Terhadap masalah penyediaan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, Pemerintah Kota Surabaya sangat menyadari bahwa kualitas yang dapat diberikan oleh jajaran birokrasinya masih belum optimal. Pelayanan publik sebagai kewajiban dan tugas pemerintah dirasa perlu mendapat perhatian khusus untuk dapat dikembangkan dan diperbaiki secara terus – menerus (continues improvement).

Langkah perbaikan layanan publik ini diperlukan disamping atas tuntutan masyarakat juga karena pemerintahan di daerah memerlukan sumber daya yang memadai untuk dapat memproduksi bentuk – bentuk layanannya. Sangat jamak diketahui bahwa anggaran sebagai salah satu unsur sumber daya yang sangat penting didapat dari pajak yang dibayar masyarakat. Jika pelayanan sangat jelek dapat dimaklumi masyarakat akan malas bayar pajak. Akhirnya akan kembali pada makin rendahnya kualitas pelayanan yang dihasilkan. Seperti telur dan ayam, mana yang harus ada lebih dulu (mana yang harus mendahului untuk berubah) ?

Terhadap masalah ini Pemerintah Kota Surabaya berpandangan bahwa pemerintahlah yang harus melangkah lebih dulu. Perbaikan dan pengembangan pengelolaan pemerintahan menjadi tujuan utama untuk dilakukan. Berbagai methode yang dapat meningkatkan kecepatan waktu respon terhadap masalah kota, pemenuhan persyaratan teknis barang/ jasa yang dibutuhkan masyarakat, keterbukaan proses pengambilan kebijakan publik, akuntabilitas kinerja instansi – instansi di lingkup pemerintahan dan lain – lain indikator kualitas layanan publik diterapkan secara bertahap agar masyarakat melihat bahwa pemerintahnya sangat bersungguh – sungguh melayani kepentingan dan kebutuhannya. Pemerintah Kota berpendapat jika masyarakat merasakan ada peningkatan kualitas layanan, maka rasa memiliki dalam gerak langkah kesehariannya dapat tumbuh. Masyarakat akan bertambah yakin bahwa pajak yang selama ini dibayarkan akan dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sehingga pendapatan daerah juga akan meningkat secara signifikan karena masyarakat akan taat dan rajin bayar pajak. Dan selanjutnya kualitas layanan akan semakin meningkat lagi sebagaimana reaksi berantai, karena dengan ketersediaan anggaran yang cukup pemerintah daerah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pendukung proses produksi layanan yang diinginkan oleh masyarakatnya.

Berdasarkan konsideran tersebut maka Pemerintah Kota Surabaya merealisasikan berbagai kegiatan yang diintegrasikan dalam satu rangkaian tahapan program bertajuk “Surabaya Improvement to Excellence Government Program”

Pemerintah Kota Surabaya mengelola program ini melalui koordinasi langsung Sekretaris Daerah dengan melibatkan instansi terkait yang berkompoten seperti Badan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya, Badan Pengelola Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Bapetikom). Satuan Kerja di lingkup Sekretariat Daerah seperti Bagian Bina Program dan Bagian Organisasi yang secara terus menerus memperbaiki sistem pengelolaan pemerintahan agar dari waktu ke waktu semakin baik dan efisien seperti sistem anggaran, sistem pengadaan barang/ jasa, sistem pengendalian, sistem perijinan dan lain – lain bentuk pelayanan publik pada dinas – dinas teknis yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Sekretariat program ditetapkan di Bagian Bina Program dengan tujuan memudahkan koordinasi antar satuan kerja terkait, mengingat tugas pokok dan fungsi satuan kerja ini memungkinkan untuk koordinasi lintas sektoral.

Terakhir bagan konsep yang dimulai sejak tahun 2001 tersebut sudah berjalan penuh dan sistem informasi yang dikembangkan untuk mewadahi diberikan nama GRMS (Government Resource Management System) dan terhadap aplikasi ini sudah didapatkan Sertifikat Hak Cipta dari Dirjen HAKI.

Salam.

2 thoughts on “Surabaya Improvement to Excellence Government Program

  1. Pak Sonhaji, saya ingin mengangkat soal GRMS ini menjadi salah satu topik utama majalah kami (warta egov). mungkin saya bisa bertanya lebih lanjut tentang konsep ini, terutama dari sisi teknisnya (sejauh mana konsep ini bisa diterapkan untuk daerah lain)
    mohon bantuannya. terima kasih

    ( Yunus )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s