Antisipasi pemda terhadap kondisi perekonomian terkini

Terasa sekarang apa – apa mahal. Apalagi ada rencana Presiden mau naikkan harga BBM. Naga – naganya apa- apa jadi susah terbeli. Bagaimana tidak karena hampir semua barang/jasa itu proses bikin-nya pasti ada komponen bahan bakar/ energi dan transportasi yang ujung-ujungnya butuh bahan bakar juga. Trus piye iki ?

Saya rasa teman – teman yang berkecimpung tugasnya di pemerintahan bisa menela’ah beberapa pikiran saya sbb :

  1. Semua ijin kegiatan usaha jangan dibuat harus datang ke kantor pemerintah. Itu butuh ongkos trasnport dan itu mahal. Bagaimana kalau cukup ijin-nya di rumah lewat situs khusus perijinan tersebut ? kalau perlu harus ke kantor pemerintah untuk satu dua hal terkait ijin maka cukup datang ke kelurahan terdekat. Nantinya up date data di kelurahan dibuat on line ke pusat data di dinas yang menjadi leading sector ijin tersebut. Pokoknya buat ijin – ijin usaha murah dan mudah agar nantinya biaya ijin tidak dibebankan ke harga akhir produk barang/jasa
  2. Beberapa data terkait dengan penduduk disimpan dan di-up date di sistem informasi yang mantap dan semua pengeluaran pemerintah terkait dengan penduduk ini harus menggunakan data ini. Yaah biar tidak ada peristiwa penduduk tertentu dengan sengaja atau tidak sengaja mendapatkan fasilitas dari negara (misal BLT=bantuan Langsung Tunai). Cukup mengagetkan memang berita di koran bahwa penerimaan BLT tahun 2008 akan pakai data tahun 2005, resiko salah sasaran pasti besar …
  3. Proses belanja barang/jasa pakailah eProcurement. Fakta membuktikan dengan methode ini akan ada penghematan belanja yang sangat besar (kurang lebih 20% – 25% di pemkot Surabaya dan sekitar 18% di Pemkot Bogor)
  4. Untuk pendapatan (seperti proses pemungutan pajak dan retribusi) jangan pakai sistem taksasi (maen kira – kira dan penetapan-nya dilakukan atas kesepakatan antara pemungut dan yang dipungut), tapi pakai-lah data riel aktifitas yang kena pajak/ retribusi tersebut. Berarti sistem informasi yang handal diperlukan disini. Pasti nanti pajak akan meningkat pesat berlipat – lipat karena potensi tergali maksimal dan kebocoran akan sangat berkurang.

So! Saya rasa ini salah satu cara buat kita untuk selamat dari terpaan kondisi ekonomi sekarang ini tanpa mengurangi tingkat layanan publik (bahkan mungkin malah meningkat lho).

Salam.

2 thoughts on “Antisipasi pemda terhadap kondisi perekonomian terkini

  1. ide bagus mas, tinggal di promosikan ke pihak-pihak yang berkepentingan. Mungkin , saran saya aja lho, perlu dibuka saluran komunikasi untuk men-share ide2 seperti ini di kalangan pemerintah.

  2. Trims saran-nya ya, kalau pas ada pertemuan dengan sesama teman di instansi pemerintah (saya rasa problemnya sama) bisa didiskusikan bagaimana saluran komunikasi tsb harus dibuat. Ya mungkin mereka diajak bikin blog juga seperti kita saja ya he he he, biar bisa saling share ide.
    Sekali lagi trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s