Yuk ngajak UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) ngebut nyelesaikan lelang

Memang ada dua pilihan bagi kita di birokrasi saat bersama dengan DPRD harus menentukan perkiraan paket pekerjaan apa saja yang nantinya akan menjadi salah satu instrumen penggerak ekonomi di daerah (meskipun nantinya yang memaketkan pekerjaan adalah PPKm di SKPD). Apa tuh ? :

  1. Paket pekerjaan dibuat sedikit saja tapi besar – besar. Pilihan ini memudahkan bagi ULP untuk menyelesaikan tugasnya melelang paket pekerjaan dari segeap SKPD; atau
  2. Paket pekerjaan dibuat agak kecil – kecil agar para penyedia barang/jasa banyak yang bisa berpartisipasi, sekaligus memperluas distribusi uang dari APBD sebagi bangkitan ekonomi dari pihak – pihak yang berhubungan dengan si Penyedia Barang/ Jasa tersebut.

Nah, dari kedua pilihan tersebut sepertinya yang enak ya pilihan pertama, tapi jika ingat masyarakat yang sekarang sedang kesulitan ekonomi, dan ingat jika paket-nya banyak maka akan banyak yang menikmati kue pembangunan dari sisi proses pembangunan itu sendiri, maka pilihan kedua sepertinya lebih pas. Tapiii ?! wuih di Surabaya ada ribuan paket pekerjaan dari sekitar 40-an SKPD. Jadi bisa puyeng dan pusing tujuh keliling me-manage-nya.

Saya punya pendapat buat teman-teman ULP yang barusan training “team building” agar kinerja bisa lebih okey dan kecepatan penyelesaian evaluasi lelang bisa lebih tinggi lagi, yaitu sebagai berikut :

  1. Cek banyaknya paket proyek yang seharusnya dilelang oleh setiap SKPD. Data itu bisa dilihat di situs eProject kan ? setahu saya ada sekitar 2000-an lebih.
  2. Sejumlah paket proyek yang harus dilelang tersebut untuk dibagi dengan sisa waktu paling akhir bulan september. Kenapa september ? agar paket pekerjaan yang selesai dilelang sempat terselesaikan fisiknya di akhir desember 2008.
  3. Jika mendapatkan DED dari SKPD dengan harga yang terlalu rendah dibanding dengan harga pasar, maka jangan langsung dikembalikan tapi cek dulu dan bandingkan dengan pagu anggaran yang ada di eProject. Jika masih nututi maka minta persetujuan dari PPKm diketahui Ka. SKPD-nya mengenai harga OE-nya yang mungkin lebih besar dari RAB (DED) dan langsung diumumkan lelang.
  4. Waktu penyelesaian lelang mulai pengumuman sampai dengan siap di-click oleh PPKm sebagai calon pemenang lelang jangan lebih dari 3 minggu. Lebih cepat lebih baik. Jika tenaga tidak nututi maka tambahlah anggota GTP, dan buatlah tela’ah staf ke Walikota untuk formasi baru yang lebih banyak (kan gedung ULP sudah hampir jadi). Jika perlu tambahlah outsourcing meskipun yang bersangkutan tidak berhak untuk meng-evaluasi.
  5. Lemburlah dalam bekerja. Masyarakat menunggu hasil pekerjaan sampeyan semua lho !!!
  6. Libatkan tenaga ahli dari praktisi dan perguruan tinggi kalau menemui kesulitan dalam evaluasi. Dengan begini diharapkan pertimbangan keputusan evaluasi lebih tepat dan sesuai dengan ketentuan.
  7. Aktiflah meminta SKPD yang tanggungan paket lelangnya banyak untuk segera menyetor paket-paket tersebut guna segera dilelang. Datanya ada kan di eProject ?

Okey ! sementara itu dulu sapaan-ku ke ULP dan ayo ULP kebanggaan-ku, larilah lebih cepat dan tunjukkan prestasimu.

Salam.

2 thoughts on “Yuk ngajak UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) ngebut nyelesaikan lelang

  1. Bagan tentang alur data dari eBudgeting ke eProject sampai ePerformance ada di postingan tanggal 25 April Pak (Surabaya Improvement to Excellence Government Program), tapi coba saya posting khusus buat Bapak deh secepatnya. Memang kerjaan-nya banyak Pak, tapi kalau ndak dimulai begini jalannya pemerintahan kita (paling ndak di pemkot Surabaya ndak akan bisa berubah menjadi baik). Oh ya makasih tulisan lanjutan tentang eHealth-nya, mudah-mudahan bermanfaat buat kami di Surabaya. .
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s