Memaknai hari jadi kota Surabaya ke 715 tahun

Tepat hari sabtu tanggal 31 Mei 2008 ini Kota Surabaya berulang tahun ke 715. Apa yang dicapai oleh kota yang ber-umur sebegitu tua-nya. Apakah masyarakat-nya sudah makmur ? apakah kota ini sudah nyaman untuk ditinggali (ya ndak banjir, ndak macet, pergi kemana – mana merasa aman dan nyaman karena tingkat kejahatan sangat rendah, anak – anak bisa sekolah dengan mudah dan terjangkau atau ukuran – ukuran lain yang sering dipakai) ?

Kalau harus memenuhi semua-nya itu seperti-nya kok belum ya ??!. Tapi relatif dibanding kota lain gimana ? saya rasa ini lebih fair untuk diperbandingkan !, soalnya kalau ngomong ke-ideal-an seperti tadi kayaknya dimana-pun di negeri ini, kelihatannya hampir ndak ada yang bisa komplit seperti itu. Bukan bermaksud menghibur diri, tapi paling ndak kita harus bisa men-syukuri keadaan kota tercinta ini. Cobalah kita melihat keadaan kota ini dari sudut pandang lain seperti :

  1. Alhamdulillah, surabaya tidak pernah kena bencana alam (padahal tempat lain banyak tertimpa banjir bandang, tsunami, gunung meletus, gempa bumi dan lain – lain cobaan);
  2. Surabaya relatif lebih stabil dan minim gejolak – gejolak sosial di masyarakat. Ditempat lain ada bentrokan antar elemen masyarakat dengan aparat keamanan, eh di Surabaya semua pihak rukun dan saling support atasi keadaan yang memang sedang sulit-sulitnya ini;
  3. Lingkungan sekitar sangat hijau dan bersih;
  4. Partisipasi masyarakat sangat menonjol dalam membangun lingkungan tempat tinggalnya;

Dan apalagi ya ??! Saya rasa banyak hal positif dari keadaan kota ini yang bisa kita tanamkan di pikiran kita bahwa itu rahmat Allah.

Saya rasa memang begitu filosofi yang harus kita pegang. Intinya kita harus senantiasa bersyukur atas rahmat dan nikmat-Nya, sehingga Allah akan menambah nikmat dan rezeki yang selama ini kita peroleh (termasuk kesehatan). Selanjutnya kita bisa memaksimalkan sumber daya kita bersama seluruh elemen masyarakat untuk membenahi keadaan yang belum ideal menurut disiplin ilmu, kompetensi dan tugas-nya masing – masing. Goalnya ? Kota ini akan semakin nyaman untuk ditinggali dan semakin kondusif untuk aktfitas hidup kita sehari – hari.

Ntar kita sambung lagi ya, nguantuk nih …. trims

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s