Apa bangsa ini sudah merdeka ?

Sudah 63 tahun republik ini diproklamirkan kemerdekaan-nya oleh founding father Ir. Soekarno dan Drs. Muh Hatta. Apa yang sudah kita capai sekarang ? kemiskinan masih ada di mana – mana. Merdekakah saudara – saudara kita yang kebetulan tidak mempunyai akses untuk mendapatkan pekerjaan atau memang pekerjaan tidak tersedia dengan cukup di lapangan sehingga mereka menjadi miskin ? Mungkin mereka tidak lagi dijajah dalam arti sesungguhnya tapi mereka tidak juga segera beruntung untuk bisa mensejahterakan diri dan keluarganya. Jumlah saudara kita yang belum beruntung ini sangat banyak. Padahal mensejahterakan bangsa adalah merupakan salah satu dari cita – cita kemerdekaan kita.

Malu juga sebenarnya kita yang ada di dalam pemerintahan tidak bisa berbuat banyak. Yang sangat menakutkan adalah nanti saat kita mati trus oleh Tuhan diminta pertanggungjawaban mengapa kok diam saja tidak mengambil langkah padahal mestinya kita secara sendiri maupun bersama – sama bisa berbuat lebih …

Tapi apa daya, apalah artinya kita secara pribadi dalam mesin pemerintahan yang sangat besar, gemuk dan tidak efisien ini. Sebagai skrup kecil saja mungkin tidak pantas. Trus bagaimana ya ?! kuatir betul hati ini jika suatu ketika keadaan tidak bertambah baik dan anak – anak dirumah bertanya mengapa bapaknya yang dalam pandangannya adalah termasuk bagian dari ”PEMERINTAH” kok tidak mengambil langkah – langkah mengatasi keadaan.

Setelah saya pikir – pikir sepertinya salah satu dari syariat agama yang mengatakan bahwa ”sampaikanlah walau hanya satu ayat” bisa meng-inspirasi apa yang seharusnya kita perbuat. Rasanya kita harus tetap berbuat meski kecil dilingkungan kita di rumah, antar tetangga di tempat tinggal kita dan khususnya di tempat kerja kita. Apa – apa yang sifatnya adalah membangun, memperbaiki dan merawat harus kita lakukan. Membangun maksudnya ya membangun manusia dan sistem bekerja-nya, misalkan anak – anak kita yang belum pintar membaca dan mengaji ya kita ajari, jika staf di kantor masih belum bisa menjalankan tugas – tugas keseharian dengan baik ya kita pintarkan mereka, jika di kantor belum ada sistem kerja yang baik, transparan dan adil ya kita buat sistem dan prosedur untuk mewujudkan good governance. Memperbaiki maksudnya ya membuat sesuatu menjadi lebih baik dari sisi manusia maupun sistem operasional yang melingkupi hardware dan software (aplikasi maupun regulasi).

Nah yang juga tidak kalah sulit adalah merawat dalam arti sebenarnya. Kita sering membeli sesuatu atau membangun sesuatu tapi tidak serius untuk merawatnya. Cukup mencengangkan juga berita di beberapa harian yang menjelaskan bahwa hampir sepuluh tahun ini jaringan irigasi di tanah air tidak pernah dirawat sama sekali karena pemerintah dan para politikus sibuk dengan hal lain. Akhirnya ??? kita bahkan tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dan harus diombang – ambingkan harga pangan dari luar negeri (masak harga tempe jadi mahal gara – gara kedelai ndak ada dipasaran ?!), sangat tidak masuk akal sehat anak SD sekalipun.

Yaah itu curhat saja sih, sekaligus sebagai pengingat saja bahwa kita mempunyai tanggung jawab besar kepada bangsa ini. Negeri ini bukanlah warisan nenek moyang kita tapi titipan anak cucu kita.

Salam.

3 thoughts on “Apa bangsa ini sudah merdeka ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s