Surabaya membentuk komunitas RT dan RW di jejaring sapawarga.org dengan program e-RT/RW bersama PT. Telkom, Tbk

Dimulai dengan kegundahan Walikota Bambang DH ketika rapat staf di akhir 2009 mengenai belum optimalnya pengawasan proyek – proyek fisik yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas di seantero wilayah kota, ditugaskan-lah beberapa pejabat pemkot termasuk Ir. Tri Rismaharini (saat itu Kepala Bappeko) guna mencari sistem yang efektif untuk meningkatkan kinerja pengawasan dan pengendalian proyek.

Setelah beberapa saat mencari ide, tim menemukan konsep bahwa pengawasan dan pengendalian harus melibatkan warga kota “secara personalized” karena warga kota-lah customer dari pemerintah kota, dalam arti bahwa dari customer-lah sumber informasi utama untuk mengetahui kelemahan layanan guna peningkatan kinerja diwaktu selanjutnya. Tim mengambil filosofi CRM (Customer Relationship Management) yang banyak digunakan oleh perusahaan multi nasional dalam mempertahankan keberadaan-nya di tengah persaingan global. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan filosofi CRM ini tidak hanya pengawasan dan pengendalian proyek yang akan terangkat naik kinerjanya, tapi banyak hal lain terkait pelayanan publik bisa di-push kualitas-nya.

Konsep terus dimatangkan di awal tahun 2010. Secara operasional warga harus disediakan media untuk bisa berkomunikasi dengan sesama warga lain dengan cepat, murah dan akurat untuk dapat membicarakan permasalahan lingkungan tempat tinggalnya secara pribadi maupun secara berkelompok (group). Dengan cara ini diharapkan partisipasi warga untuk membangun lingkungan-nya akan terwujud. Tentunya saluran komunikasi yang sama juga harus disediakan jika ada warga/ kelompok warga ingin berkomunikasi dengan pejabat pemkot yang terkait dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Diperhitungkan akan sangat efektif jika komunikasi tersebut bisa menyertakan data berupa voice, text, angka maupun foto/ video. Dari konsep dasar ini disimpulkan bahwa media yang dibutuhkan adalah semacam situs jejaring sosial yang sekarang sedang booming seperti facebook, twiter dan sejenisnya namun yang lebih terkendali dan bertanggung jawab. Akhirnya dikembangkan-lah situs sapawarga.org sebagai wadah komunikasi warga untuk membangun kota surabaya tercinta.

Apa dengan develop sapawarga.org sudah cukup untuk bisa mempercepat pembangunan kota dan memperbaiki layanan publik ? Tentu tidak. Hal itu saja tidak cukup. Kalau terbatas situs web dipandang masih kurang optimal untuk mendukung gerak langkah membangun kota dari unsur pembentuknya. Komunitas terkecil warga yaitu RT dan RW sebagai unsur pembentuk kota  harus difasilitasi secara nyata untuk menjadi tulang punggung jejaring komunikasi ini. Ketua RT dan Ketua RW di kampung harus menjadi pendorong terbentuknya ”kampung cyber” yaitu situasi kampung/ lingkungan pemukiman yang mana semua aktifitas kehidupan warga-nya difasilitasi oleh ICT (Information & Communication Technology). Jelas kebutuhan infrastruktur jaringan sangat penting untuk disediakan. Untuk itulah peran CSR PT. Telkom Tbk menjadi sangat strategis. Lalu digelar-lah program ”e-RT/RW” yang menggabungkan kehandalan menu – menu situs sapawarga.org dengan penyediaan infrastruktur jaringan berupa pemberian modem dan abonemen gratis selama 6 bulan kepada ketua RT/RW yang telah siap (mempunyai telepon telkom dan PC di rumahnya) oleh PT. Telkom, Tbk.

Efektifitas dari program e-RT/RW ini terletak pada adanya anggota tetap (fixed member account) sapawarga yaitu seluruh kepala SKPD termasuk Camat, kemudian Lurah, ketua RW dan ketua RT. Nah ketua RT sebagai koordinator terkecil komunitas warga diupayakan terhubung dengan dunia maya dan diposisikan sebagai jembatan komunikasi sekaligus jendela masuk (entry windows) urusan warga terkait layanan umum yang diberikan oleh pemerintah kota. Lewat situs sapawarga.org ini semua urusan terkait kependudukan yang rangkaian proses-nya melalui ketua RT dan RW seperti surat pengantar RT/RW, layanan sidik jari warga, laporan lahir, mati dan pindah (lampid) dilakukan secara on line. Karena proses dilakukan secara on line, maka dalam hitungan detik data dan verifikasi-nya sudah sampai ke kecamatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hal ini sangat membantu jika warga yang membutuhkan layanan sangat sibuk dan RT/RW-nya juga sedang tidak ditempat. Apalagi dalam waktu dekat sapawarga versi seluler juga akan segera diluncurkan. Sehingga dimanapun warga berada urusan mereka dapat diproses oleh RT/RW, karena pengajuan proses juga dapat ter-notifikasi ke hand phone RT/RW yang juga terdaftar di situs sapawarga.org.

Apakah ada manfaat yang lain ? Masih banyak fungsi sapawarga.org yang dikembangkan untuk kecepatan dan ketepatan penanganan keluarga miskin yang dapat dikendalikan langsung kevalidan datanya oleh Ketua RT dan Ketua RW. Dengan sistem ini Ketua RT dapat langsung melaporkan secara real time jika ada kejadian awal wabah penyakit atau ada anak putus sekolah karena orang tuanya mendadak miskin. Disamping itu monitoring terhadap keberhasilan program penanggulangan kemiskinan seperti pemberian beras bagi Gakin, BLT, pelatihan ketrampilan dan sejenisnya akan dapat dilakukan dengan tepat oleh Ketua RT dan RW. Yang juga dirasa besar manfaatnya adalah kemampuan situs ini untuk menyediakan media laporan warga (yang juga bisa menjadi member) jika ditemukan penyimpangan di lapangan. Sehingga kader dari SKPD terkait sektor yang bertanggung jawab terhadap program penanganan kemiskinan dapat dengan cepat mengambil langkah penanganan.

Yang tidak kalah menarik di situs sapawarga.org adalah adanya menu yang masuk dalam genre eCommerce, yaitu eToko. Di sapawarga.org, warga yang sudah menjadi member (sudah mempunyai akun di situs jejaring komunikasi warga kota tercinta ini), termasuk para Gakin yang telah dilatih banyak ketrampilan oleh beberapa SKPD terkait dapat memasuk-kan produk-nya untuk dapat dipasarkan secara on line. Seperti amazon.com, eToko ini akan menjadi ”e-market place” bagi sesama warga kota, dengan kata lain sapawarga.org merupakan salah satu pengungkit lajunya perekonomian warga kota.

Disamping itu, salah satu andalan dari sapawarga adalah menu pengaduan proyek sebagai penyempurnaan sms gate way pengaduan proyek yang dirintis pemkot di akhir tahun 2008. Tahun lalu sistem kendali proyek berbasis laporan warga by sms sudah dikembangkan, namun belum begitu efektif karena informasi proyek yang diharapkan dapat dilihat warga dilokasi pekerjaan melalui papan pengumuman proyek banyak tidak dipasang dengan benar oleh para kontraktor. Dengan sapawarga ini, informasi tentang proyek di tiap wilayah/ lingkungan pemukiman akan dapat di-broadcast oleh sistem ke account member para ketua RT dan RW. Dengan demikian jika ditemukan adanya indikasi penyimpangan, ketua RT dan RW bisa melaporkan ke sistem di sapawarga. Info tersebut akan otomatis tersampaikan ke account Kepala SKPD penanggung jawab proyek, account Pimpro dan juga account Inspektorat. Melalui integrasi dengan sistem sms gateway pengaduan proyek y ang lebih dahulu dikembangkan, laporan ini juga terforward ke nomor hand phone Kontraktor dan Pengawas Proyek yang sudah di-input di sistem ini. Untuk itulah jika semua pihak terkait tidak segera mengambil langkah sesuai prosedur setelah mendapatkan laporan warga, maka inspektorat dapat mengambil posisi penanganan sesuai kewenangan-nya dengan cepat.

Seterusnya situs sapawarga.org bisa terus disempurnakan sesuai kebutuhan warga sebagaimana facebook yang tidak pernah berhenti untuk di-ubah – ubah menjadi lebih baik dan powerfull.

28 thoughts on “Surabaya membentuk komunitas RT dan RW di jejaring sapawarga.org dengan program e-RT/RW bersama PT. Telkom, Tbk

  1. kapan warga rw 04 mrutukalianyar menikmati ……………
    term dong ats tanggap pt tel tbk ….. ok ….yes
    smg sukc … pt telk

    • Pak Parwoto ! kalau Bapak sudah ada nomor telp rumah (fixed phone) dan komputer (PC atau laptop), maka siap dipasang, silahkan kontak saya di sapawarga ! atau bisa ke admin ! trims!

  2. salut dengan sapawarga dan pak bambang dh sbg motor penggerak,
    sementara belum banyak komentar pak,
    matur nuwun.
    salam dari warga tandes lor 2.

  3. mas Agus, saya hanya bisa kagum dengan inisiatif ini. kalau mau dibandingkan dg program pengaduan masyarakat via sms yg banyak dibantu kembaga donor di Aceh, kemajuan Surabaya ini jauh melampaui. selamat juga buat Pak Walikota yg bakal segera menjadi Pak Wakil Walikota karena ide-idenya yang luar biasa. satu hal yg saya selalu tangkap dari kemajuan Surabaya adalah: semua dilakukan dengan akal sehat: apa yg bisa dipercepat, ya dipercepat. Sementara kalau di daerah lain atau di pemerintah pusat, buat apa dipercepat, nanti nggak dapat duit. Saya lihat inisiatifnya bagus juga, mendorong Telkom untuk menggunakan dana CSRnya, dan kemudian langganan akan diteruskan oleh ketua RT/RW sendiri. In inisiatif yg benar2 memadukan kelincahan Pemkot Sby dengan inisiatif swasta tanpa paksaan

  4. numpang mampir n komentar pak. bagus sekali programnya pak. di daerah saya belum da yang seperti ne. kapan2 saya boleh sharing dan bertnya. terimaksih….

    • Silahkan masuk ke situs tersebut mas Aceng ! sampeyan warga surabaya kan ?! nanti bisa langsung diskusi dengan admin dan tim dapur belakang sistem tersebut, trims !

  5. saya mau tanya nih..?
    saya coba masuk ke website sapawarga.org dan sapawarga.com.
    ternyata bisa masuk semua dan tampilan pun sama..
    apakah ada salah satu diantaranya yang phising ya…
    mohon pencerahannya..

  6. salam sukses selalu….
    Nimbrung dikit Om :
    mau tanya?
    Bagaimana prosedur yang harus di laksanakan untuk mendapatkan fasilitas modem..nya ?
    Jejaring. sapawarga.org dijadikan sebagai jembatan untuk lebih dekatnya Pemerintah Kota Surabaya dengan pelaksana SKPD ujung tombaknya RT/RW setempat.! trus gimana bila ada sesuatu permasalahan (proyek) yang dimana permasalahan (proyek) tersebut dijadikan ajang memperkaya diri sendiri/korupsi yang dilakukan oleh instansi PEMKOT/ Oknum tertentu….lalu kita melapor lewat jejaring sapawarga..apa nanti kita tidak kena UU ITE :
    ayat 3
    Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
    Terima kasih…..salam suskses selalu

    • Mas Edy_geol,
      kalau panjenengan ketua RT/RW dan punya komputer yang up date dan punya nomor telp rumah maka mestinya bisa mendapatkan modem dari telkom dalam program e-RT/RW. Trus kalau ada yang perlu dilaporkan maka laporkan saja melalui fasilitas japri (jalur pribadi/message) ke akun inspektur atau kepala BKD atau langsung ke akun walikota/ wakil walikota yang ada di situs sapawarga. Selamat bergabung ya !

  7. ASS WR WB
    SUDAH TERPASANG SPEEDY MODEM TELKOM JARINGAN KOMUNIKASI DI WILAYAH RT.07 RW.01 KARANGAN KEL.SAWUNGGALING, TERIMA KASIH BAPAK SEMOGA INFORMASI WARGA KEPADA PEMERINTAH KOTA BERTAMBAH LANCAR………AMIN …. WASS.

  8. yaa…yaaaa…yaaa lumayan juga ada internet gratis program rt rw satu minggu on line satu minggunya mati, tapi stelah saya hub Bpk Fais dari pemkot atau Telkom semuanya dah beres malah saya dikonfirmasi atsa hal tsb. terima kasih bpk Fais ! salut untuk pk Bambang DH….
    dari Cak Tikno RW 02 Kel. Lakarsantri

  9. Mohon tindak lanjut keberadaan usaha Bengkel Mobil di wilayah Jl. Wonosari Kidul 2 Sby, dimana keberadaannya telah meresahkan warga sekitar spt:

    1. Jam Operasional 24 Jam,
    2. Tidak ada Ijin Usaha,
    3. Tidak ada tempat yang memadai shg kegiatan operasional menggunakan
    lahan/halaman temapt tinggal warga sekitar,
    4. Suara Mesin/Peralatan Usaha telah menimbulkan polusi udaha maupun suara,
    5. Tahun 2004 (Saat Idul Adha) telah mengakibatkan kebakaran di wilayah sekitar,
    6. Telah dilakukan pendekatan persuasif oleh Pengurus RT namun Pihak Bengkel menggunakan unsur kekerasan.

    Mohon tindak lanjut dan atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

    Salam,

    Pengurus RT 2 RW III

  10. Permisi Pak asionhaji, saya seorang Mahasiswa di salah satu PTN Surabaya, saya sekarang memiliki tugas E-Gov di dalam MK Metodologi Penelitian Administrasi, dapatkah saya melakukan penelitian tentang situs jejaring sosial dari sapawarga.org sendiri, dan apabila saya diberi kesempatan, hal apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu. terimakasih banyak sebelumnya.

  11. terimakasih bapak atas jawabanya..
    saya mahasiswi PTN di surabaya, dan saya tertarik untuk menjadikan program ini objek dalam penulisan skripsi saya..
    yang ingin saya tanyakan lagi, bagaimana prosedur untuk meminta ijin… atau saya perlu menyerahkan surat kerterangan penelitian dari kampus, ke pemkot sby??
    mohon bantuanya bapak…
    terimakasih banyak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s